Pengertian Dan 6 Macam – Macam Senam Artistik

Posted on

Pengertian Dan 6 Macam – Macam Senam Artistik

Senam Artistik – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai senam artistic yaitu tentang pengertian dan juga 6 macam senam artistik yang akan di bahas secara lengkap, langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Senam Artistik

Senam merupakan sebuah gerakan yang di lakukan secara teratur, ada yang menggunakan musik dan ada juga yang tidak, serta ada  juga yang menggunakan  alat dan ada juga yang tidak.

Senam Artistik adalah   salah satu  dari cabang olahraga dari senam yang menggunakan   gerakan – gerakan dengan di bantu oleh sebuah alat untuk  memperindah suatu gerakan yang  disertai oleh sebuah musik.

Tujuan dari senam artistik adalah yaitu untuk membuat badan agar  menjadi lebih sehat dan juga  sebagai ajang kompetisi olimpiade.

Pada  ajang olimpiade, olahraga ini tidak hanya di lakukan oleh wanita saja.  Akan tetapi   kaum pria juga banyak yang minat dengan senam artistik ini.

Macam  – Macam Senam Artistik

Berikut ini adalah  beberapa  macam atau jenis senam artistik yang harus di ketahui :

Senam Lantai atau Floor Exercise

Senam  lantai adalah salah satu cabang dari olahraga senam yang dilakukan di atas lantai maupun  lapangan dengan beralaskan matras

Baca Juga  √ Baseball  :  Pengertian, Sejarah,  Dan Teknik Dasarnya

Kuda – Kuda Pelana atau Pommel Horse

Nomor senam yang satu ini hanya khusus di lakukan oleh seorang laki – laki, karena pada saat melakukannya di butuhkan tenaga dan  stamina yang besar. Kuda – kuda sendiri memiliki   tinggi punggung yaitu  1, 10 meter dan panjang 1, 60 meter dengan  lebar 35 centimeter.

Kuda – Kuda Lompat atau Horse Vault

Kuda – kuda lompat atau  juga yang biasa disebut dengan horse vault adalah merupakan   nomor senam yang terlihat lebih mudah untuk di lakukan dari pada nomor yang  lainnya. Alat ini memiliki  tinggi yaitu 1, 35 meter. Dan bisa  dilakukan oleh pria maupun wanita.

Palang Tunggal atau Horizontal Bar

Dalam pertandingan senam artistik, hal yang paling ditunggu – tunggu oleh masyarakat adalah atlet yang menggunakan   palang tunggal. Nomor senam ini sangat menarik perhatian masyarakat karena di mainkan dengan indah. Alat ini mempunyai  panjang 2, 40 meter dan tinggi 2, 55 meter.

Palang Sejajar atau Parallel Bar

Nomor senam ini hanya di lakukan oleh kaum pria saja, karena  senam ini dbutuhkan  otot lengan yang kuat. Nomor senam ini sangat bagus untuk memperbesar lengan, karena menggunakan   gerakan seperti tarikan  dan  menekan.

Gelang  – Gelang atau Rings

Gelang – gelang atau yang biasa disebut dengan rings adalah   salah satu alat yang digunakan   pada senam artistik dengan ukuran tinggi 2, 55 meter serta  jarak 0, 50 meter.

Demikianlah ulasan di atas tentang √ Pengertian dan 6 Macam – Macam Senam Artistik semoga bermanfaat dan berguna dalam menambah wawasan serta pengetahuan untuk kalian semua terimakasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa simak juga artikel yang lainnya ya.

Baca Juga  √ Renang Gaya Bebas   : Pengertian, Teknik Dasar, Sejarah, Beserta  Manfaatnya