√ Renang Gaya  Punggung : Pengertian, Sejarah,  Beserta  Teknik Dasarnya

Posted on

√ Renang Gaya  Punggung : Pengertian, Sejarah,  Beserta  Teknik Dasarnya

Renang Gaya Punggung – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai renang gaya punggung yang meliputi pengertian , searah , serta teknik dasar . Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami .

 

Pengertian Renang Gaya Punggung

Gaya punggung adalah gaya favorit bagi  para perenang pertandingan ataupun  rekreasi. Renang gaya punggung disebut juga dengan back crawl. Gaya  punggung merupakan  gaya renang dimana bagian wajah dan mulut untuk bernafas berada di atas permukaan air.

Syarat dasar dari gaya renang ini adalah harus mampu mengapung di atas air dengan menggunakan punggung. Jika  sudah mampu mengapung dengan bagian punggung, maka untuk melakukan gaya ini dengan bergerak melalui permukaan air akan mudah  untuk di lakukan. Gaya punggung merupakan   gaya yang menyatukan gerak lengan dan kaki secara bergantian.

Sejarah Renang Gaya Punggung

Sejarah singkat renang gaya punggung mulai dikenal  sekitar pada  tahun 1912. Ketika   pertandingan renang dibagi atas tiga kelas dalam kompetisi nasional dan internasional, yaitu gaya dada, gaya punggung, serta   gaya bebas. Gaya yang dipergunakan pada saat   itu adalah gaya punggung elementer atau gaya punggung dengan menggunakan  kedua lengan ke atas ( Double over arm ) dan gerakan kaki katak atau kaki gunting. Setelah diperkenalkan gaya back crawl, bentuk – bentuk lain dari  renang gaya punggung yang bukan back crawl sedikit demi sedikit hilang dari pertandingan renang.

Baca Juga :  Senam : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Jenis - Jenisnya

Cara Melakukan Renang Gaya Punggung

  • Gerakan – gerakan yang dilakukan dalam gaya punggung, hampir sama dengan renang gaya krol atau renang gaya bebas,  perbedaannya  yaitu terdapat pada posisi tubuh  dan  arah gerakan lengan.
  • Dalam renang gaya punggung, posisi tubuh telentang, dataran punggung mengapung dengan lebih luas, oleh sebab  itu kemampuan mengapung tubuh lebih besar dibandingkan  dengan gaya krol.
  • Dalam gaya punggung, pengambilan nafas bukan masalah, karena wajah menghadap ke atas, sehingga pengambilan nafas lebih leluasa. Akan tetapi   pandangan ke arah tujuan terhalang  dan bagi perenang pemula hal ini akan menimbulkan rasa takut.

Beberapa teknik dasar dalam renang gaya punggung yang harus diperhatian :

  • Posisi Badan

Pada renang gaya punggung posisi tubuh telentang mendatar, dibawah permukaan air, kecuali kepala atau wajah  yang tetap berada di atas permukaan  air. Pada umumnya kepala berada di atas permukaan air  hingga sebatas telinga, sehingga wajah selalu berada di  bagian atas permukaan air. Letak punggung hampir rata, sedangkan letak kedua kaki, panggul sedikit lebih rendah dibandingkan dengan  kepala dan bahu, pandangan ke atas.

  • Gerakan Kaki

Gerakan kaki pada renang gaya punggung mirip dengan gaya krol. Gerakannya yaitu  kaki bergerak ke atas ke bawah  dengan silih berganti  dan  gerakannya mulai dari panggul atau pangkal paha di ikuti dengan gerakan fleksibel serta  relaksasi pada lutut serta pergelangan.

  • Gerakan Tangan

Gerakan tangan pada renang gaya punggung mirip tahapannya dengan gaya krol, yaitu yang meliputi gerakan menarik, gerakan mendorong, dan  gerakan kembali.

  • Pengambilan Nafas

Pengambilan nafas dalam gaya punggung sebenarnya tidak mengalami kesulitan, karena mulut dan juga hidung selalu berada di atas permukaan air. Gangguan yang terjadi seringkali percikan air, terutama bila masuk ke dalam hidung. Percikan air tersebut terjadi terutama di sebabkan oleh gerakan lengan. Untuk menghindari gangguan tersebut, usahakan  agar tidak mengambil nafas waktu gerakan tangan akan mendekati hidung.

Baca Juga :  √ Atletik  :  Pengertian Atletik, Sejarah, Nomor, dan  Cabor Atletik

Untuk gaya punggung pengambilan nafas sebaiknya dilakukan dengan  melalui mulut dan  hidung, ketika  kedua lengan berada di dalam air, yaitu pada saat   kedua lengan dalam posisi mendatar, saat lengan yang satu masuk dan lengan  yang lainnya keluar.

  • Koordinasi Gerakan

Untuk memperoleh  tenaga yang maksimal, perlu keseimbangan seluruh tubuh. Hal ini  dapat dihasilkan atas keserasian dan juga  ketepatan gerak antara lengan dan kaki. Bagi perenang yang baik umumnya menggunakan 6 ( enam ) pukulan, yaitu tiga kali untuk setiap gerakan lengan ataupun  enam kali untuk gerakan lengan yang utuh ( satu pukulan kanan dan satu pukulan kiri ). Renang gaya punggung di atas ada yang menamakannya dengan  gaya punggung krol, karena mirip sekali dengan gaya krol. Mengenai  pengambilan nafas tidak ada masalah, selama posisi badan tetap mendatar serta   adanya keserasian  dan juga   ketepatan gerak antara gerakan lengan dan kaki.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Renang Gaya Punggung : Pengertian, Sejarah, Beserta Teknik Dasarnya semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian mengenai renang gaya punggung , terimakasih.