Manajemen : Pengertian Secara Umum, Etimologi Dan Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Prinsip – Tujuan – Jenis

Posted on

Pengertian Manajemen – Bagi sebagian orang pastinya belum begitu memahami apa sih manajemen itu?? pertanyaan mengenai manajemen banyak menjadi perbincangan di kalangan akademisi maupun pebisnis. Nah pada artikel ini kami akan membahas tentang pengertian manajemen secara umum, etimologi & menurut para ahli serta fungsi, prinsip, tujuan dan jenis. Nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti lebih jelasnya simak pemaparannya dibawah ini.

Pengertian Manajemen Secara Umum

Untuk hal ini pengertian manajemen secra umum memiliki banyak sudut pandang dan presepsi. Namun secara garis besar kesemua pengertian manajemen akan fokus pada satu hal yaitu pengambilan keputusan. Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu “manage” yang dimana memiliki arti yakni mengelola, mengendalikan, mengusahakan dan memimpin.

Dan pengertian manajemen secara umum dapat diartikan sebagai rangkaian proses untuk mencapai tujuan suatu organisasi dengan cara bekerja bersama-sama dan bekerja sama dengan sumber daya yang dimiliki organisasi. Secara lebih spesifik definisi manajemen ialah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Arti manajemen dapat dikatakan sebagai seni. Manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama tim. Kemampuan untuk melihat integritas dan totalitas pada bagian yang terpisah pada satu naungan visi merupakan seni dari manajemen. Seni manajemen mencakup kemampuan visi tersebut. Berbagai aspek dalam manajemen seperti perencanaan, kepemimpinan, komunikasi dan pengambilan keputusan berhubungan dengan unsur manusia tentang cara pendekatan manajemen seni.

Pada tahap penerapan, manajemen memiliki subyek dan obyek. Subyek yaitu orang yang mengatur yang disebut manajer. Sedangkan obyek ialah segala sesuatu yang diatur. Manajemen merupakan ilmu yang sangat luas dan saling berhubungan dengan ilmu lain seperti keuangan, pemasaran, sumber daya manusia. Penerapannya dapat digunakan pada manajemen organisasi bisnis, sistem informasi manajemen ataupun pada manajemen keseharian.

Baca Juga :  Pengertian Upah: Memahami Esensi dari Konsep Pembayaran

Pengertian Manajemen Secara Etimologi

Menurut sumber lain arti manajemen secara bahasa atau etimologi berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu menagement. Kata ini memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur, inilah yang mendasari bahwa manajemen ialah sebuah seni. Seni yang berarti dekat dengan keindahan. Suatu keindahan manajemen yang teratur, rapi dan terstruktur.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian manajemen dari berbagai pakar. Penjelasan mengenai manajemen kali ini diperoleh dari berbagai sumber. Definisi manajemen menurut para ahli ialah pengertian yang dikemukakan oleh orang-orang yang ahli dalam bidang manajemen. Definisi manajemen dari para ahli dapat digunakan sebagai landasan bagi kita untuk memahami lebih jauh tentang kandungan dari manajemen. Nah untuk lebih jelasnya definisi manajemen dari berbagai pakar simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

  • Menurut George R. Terry

    Pengertian manajemen ialah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata.

  • Menurut Marry Parker Follet

    Marry Parker F mengatakan bahwa pengertian manajemen ialah sebagai suatu seni, tiap-tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain.

  • Menurut Manullang

    Arti manajemen menurut Manullang merupakan seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  • Menurut John D Millet

    Dalam bukunya yang berjudul Managemen In The Public Service, John D Millet menyatakan bahwa definisi manajemen ialah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.

  • Menurut James A.F Stoner

    Pengertian manajemen menurut James A.F Stoner ialah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

  • Menurut Lawrence A. Appley

    Secara singkat Lawerence mengemukakan arti manajemen sebagai seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

  • Menurut Wilson Bangun

    Wilson memiliki arti yang tidak terlalu berbeda dalam mengemukakan definisi manajemen. Menurut Wilson manajemen ialah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh tiap-tiap anggota organisasi untuk mencapai tujuannya.

  • Menurut Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel

    Pada buku yang karangan Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel yang berjudul The Princples of Management, mereka mengemukakan mengenai pengertian manajemen. Pengertian manajemen didefinisikan sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.

  • Menurut Oey Liang Lee

    Oey Liang Lee memiliki arti tersendiri mengenai manajemen, arti Manejemen ialah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan serta pengendalian “pengawasan” dari sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan.

  • Menurut Henry Fayol

    Henry Fayol menulis buku mengenai manajemen berjudil General Industrial Management. Karangan Henry Fayol tersebut membahas mengenai manajemen di bidang industri. Menurut Henry Fayol di dalam bukunya, Manajemen ialah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan menggandakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

Fungsi Manajemen

Adapun fungsi Manajemen dalam hal ini menurut Henry Fayol yaitu:

 

  • Planning
    Perencanaan tujuan perusahaan dan bagaimana strategi untuk mencapai tujuan tersebut dengan sumber daya yang tersedia. Perencanaan terbagi menjadi perencanaan strategi dan perencanaan operasional.
  • Organizing
    Pengorganisasian atau singkronisasi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik dan sumber daya modal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
  • Commanding
    Fungsi commanding sama dengan mengarahkan “actuating”. Commanding dilakukan dengan memberikan arahan kepada karyawan agar dapat menunaikan tugas mereka masing-masing. Selain itu, commanding dilakukan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
  • Coordinating
    Untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatu padukan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi.
  • Controlling
    Controlling atau pengendalian atau pengawasan ialah suatu kegiatan untuk memantau, membuktikan dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan dan dikondisikan sebelumnya dapat berjalan sesuai target atau tujuan tertentu.

Prinsip Manajemen

Adapun menurut Henry Fayol prinsip dasar manajemen secara umum yaitu:

  • Pembagian kerja “division of work”
  • Wewenang dan tanggung jawab “authority and responsibility”
  • Disiplin “discipline”
  • Kesatuan perintah “unity of command”
  • Kesatuan pengarahan “unity of direction”
  • Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
  • Pembayaran upah yang adil “renumeration”
  • Pemusatan “centralisation”
  • Hirarki “hierarchy”
  • Tata tertib “order”
  • Keadilan “equity”
  • Stabilitas kondisi karyawan “stability of tenure of personnel”
  • Inisiatif “Inisiative”
  • Semangat kesatuan

Tujuan Manajemen

Adapun untuk tujuan manajemen yaitu:

  • Melaksanakan dan mengevaluasi starategi yang kita pilih secara efektif dan efisien.
  • Mengevaluasi kinerja, meninjau dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
  • Senantiasa memperbaharui strategi yang kita rumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada.
  • Senantiasa melakukan inovasi atas kegiatas sehingga kita hidup kita lebih teratur.

Jenis-Jenis Manajemen

Adapun jenis-jenis Manajemen yaitu”

  • Manajemen Keuangan
    Untuk mengatur kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
  • Manajemen Waktu
    Untuk perencaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas waktu.
  • Manajemen Pemasaran
    Untuk pengembangan produk, komunikasi dan promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen.
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
    Untuk mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki dan menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan.
  • Manajemen Strategi
    Untuk menyusun, menerapkan dan mengevaluasi keputusan dan tindakan yang dapat digunakan untuk menformulasikan serta mengimplementasikan strategi.
  • Manajemen Administrasi Perkantoran
    Untuk memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya yang mencakup ruang lingkup perusahaan.
  • Manajemen Produksi
    Merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan.
  • Manajemen Pengetahuan
    Kumpulan perangkat, teknik dan startegi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan dan membagikan pengertian, pengetahuan dan pengalaman.
  • Manajemen Resiko
    Untuk menemukan kerugian potensial, evaluasi kerugian potensial dan memilih metode pengelolaan.
  • Manajemen Proses
    Untuk pembuatan atau penghapusan proses yang dibuat oleh user atau system, suspensi dan asumsi, kelengkapan mekanisme untuk sinkronasi proses, kelengkapan mekanisme untuk komunikasi proses, kelengkapan mekanisme untuk pengendalian deadlock.
  • Manajemen Pendidikan
    Merupakan bagian dari proses pemanfaatan semua sumber daya melalui orang lain, serta bekerja sama dengannya, proses ini dilaksanakan untuk satu tujuan bersama dengan efektif serta efesien juga produktif.
  • Manajemen Stres
    Kemampuan penggunaan sumber daya “manusia” secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Manajemen semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya, sampai jumpa di postingan berikutnya. 🙂 🙂 🙂