√ Pengertian Akuntansi, Wajib Baca

Posted on
Pengertian Akuntansi – Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan pelaporan, pengupasan dan penaksiran mengenai transaksi keuangan perusahaan dengan cara yang sistematis. Dari definisi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

Pengertian Akuntansi, Wajib Baca

Kegiatan Pencatatan

Kegiatan ini berarti bahwa semua transaksi keuangan perusahaan harus dicatat. Kegiatan pencatatan ini dilakukan pada bukti pembukuan atau dokumen pembukuan. Bukti pembukuan ini dapat berupa :
  • Faktur
  • Nota
  • Kuitansi
  • Dan lain-lain

Kegiatan Penggolongan

Pada kegiatan ini adalah melakukan catatan asli dari semua bukti pembukuan ke dalam buku jurnal dengan menggolongkan perkiraan mana yang harus didebet dan perkiraan mana yang harus dikredit, kemudian dibukukan atau diposting ke buku besar.

Kegiatan Pengikhtisaran Dan Pelaporan

Pengikhtisaran adalah meringkas jumlah perkiraan yang sama dijadikan satu maupun jumlahnya untuk disusun dalam sebuah neraca saldo. Untuk mempermudah menyusun laporan keuangan biasanya dibuat kertas kerja yang disebut neraca lajur. Isi dari laporan keuangan ini adalah neraca, laporan rugi laba dan laporan perubahan modal.
Dalam membuat kertas kerja atau neraca lajur, saldo-saldo yang terdapat dalam neraca saldo belum menyajikan data keuangan secara tepat atau belum mencatat ( mengakui ) biaya-biaya dan penghasilan-penghasilan yang seharusnya diakui pada periode akuntansi yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu adanya penyesuaian dengan dicatat dalam jurnal penyesuaian, agar laporan keuangan disajikan secara tepat.

Kegiatan Pengupasan Dan Penaksiran

Dari laporan keuangan dapat diadakan analisis atas pengupasan apakah perusahaan yang bersangkutan mengalami kemajuan atau kemunduran. Sehingga dengan adanya laporan keuangan dapat ditaksirkan kemungkinan apa yang akan dapat dilakukan untuk waktu yang akan datang. Dengan kata lain dapat diambil kesimpulan mengenai kebijaksanaan-kebijaksanaan yang akan ditempuh.
Dari pengertian akuntansi tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil dari kegiatan akuntansi adalah laporan keuangan. Selanjutnya dengan laporan keuangan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan kebijaksanaan perusahaan untuk waktu yang akan datang berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahun yang bersangkutan.
Sumber : penerbit Tiga Serangkai
               Karangan, Drs. Ashari