Majas Litotes Adalah

Posted on

Majas Litotes Adalah – Dalam hal ini mungkin kalian sering mendengarkan opini dari seseorang yang seolah merendahkan dirinya dengan kata-kata yang berlawanan dengan kondisi dirinya yang sebenarnya.

Penggunaan gaya bahasa yang bermaksud untuk membuat suatu hal sebenarnya bernilai positif kemudian dikecilkan sehingga terkesan negatif tersebut ialah sering dikenal dengan istilah majas litotes.

Nah bagi kalian yang ingin mengenal lebih jauh terkait dengan majas yang satu ini, silahkan simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Majas Litotes

Majas litotes ialah gaya bahasa yang mengecilkan kenyataan denga maksud merendah. Gaya bahasa ini serupa namun tak sama dengan majas innuendo yang mengecilkan kenyataan dengan maksud menyindir.

Pengertian Majas Litotes Menurut Para Ahli

Menurut Keraf (2010, hlm. 132) Majas litotes gaya bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dengan tujuan merendahkan diri.

Senada dengan Keraf, Pamungkas (2012, hlm. 136) mengungkapkan bahwa litotes merupakan gaya bahasa yang dipakai untuk menyatakan sesuatu lebih kecil dari kenyataan dari yang sebenarnya dengan maksud merendahkan diri.

Kemudian, Damayanti (2013, hlm. 51) menyatakan bahwa majas litotes ialah gaya bahasa berupa pernyataan yang bersifat mengecilkan kenyataan yang sebenarnya.

Tarigan (2009, hlm. 58) mengatakan bahwa majas litotes ialah jenis gaya bahasa yang menyandung pernyataan yang dikurangi dari kenyataan yang sebenarnya misalnya merendahkan diri.

Berdasarkan berbagai pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa majas litotes ialah gaya bahasa yang mengecilkan kenyataan dengan maksud merendah.

Baca Juga :  Seni : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Sifat - Fungsi - Tujuan - Macam

Tujuan Majas Litotes

Majas litotes sendiri salah satu jenis majas pertentangan, lazimnya digunakan untuk menguatkan kesan lemah dari setiap ungkapan yang disampaikan serta untuk tujuan merendahkan hati.

Di dalam pengungkapannya majas litotes mengurangi ataupun melemahkan kenyataan yang terjadi sebenarnya. Litotes bisa diartikan sebagai ungkapan berupa mengecilkan fakta.

Hal tersebut biasanya bertujuan untuk menjaga kesopanan atau menghaluskan. Majas litotes sering pakai dalam percakapan biasa sehari-hari. Majas ini dapat ditemukan dalam pidato, nasihat, ceramah, syair, puisi atau lainnya.

Ciri Ciri Majas Litotes

Majas berjenis litotes memiliki beberapa karakteristik penting yang dapat membantu kalian untuk membedakan maja satu ini dengan jenis lainnya. Diantara ciri-cirinya ialah:

  • Kata yang umum digunakan dalam majas berjenis litotes adalah kata yang memiliki sifat abstrak agar tujuan serta maksud dalam percakapan dapat tersampaikan
  • Dalam penggunaannya, gaya bahasa litotes akan menerapkan perbandingan beberapa kata dalam satu kalimat.
  • Pilihan kosa kata dalam penggunaan majas berjenis litotes seringkali menyamakan antara satu bentuk dengan bentuk yang lainnya.
  • Niat tinggi yang ingin disampaikan akan disusun dengan metode sehalus mungkin supaya kalimat tetap terkesan sopan dan tidak terdengar menyombongkan diri.

Fungsi Majas Litotes

Penggunaan majas berjenis litotes memiliki beberapa fungsi baik itu fungsi moral maupun fungsi imajinatif bagi orang yang membawakannya. Berikut diantara fungsinya yaitu:

  • Penggunaan majas berjenis litotes memiliki maksud agar suatu kalimat yang disampaikan lebih mudah terserap meski menggunakan kosakata yang sederhana dan mudah untuk dipahami.
  • Penggunaan gaya bahasa litotes memiliki kemampuan untuk menimbulkan efek bahagia atau kesenangan yang besifat imajinatif di dalam penggambarannya.
  • Bagi orang yang mengungkapkan kalimat, majas ini memiliki fungsi untuk meningkatkan rasa atau intensitas dari perasaan yang dirasakan kepada orang yang mendengarkan kalimat tersebut.
  • Penerapan majas berjenis litotes memiliki manfaat untuk membuat sesuatu yang terdengar abstrak menjadi sesuatu yang terkesan lebih konkret untuk dipahami.
Baca Juga :  Kalimat Perintah : Pengertian, Ciri, Jenis Dan Contoh Kalimatnya

Contoh Majas Litotes

Nah berikut adalah beberapa contoh majas litotes diantaranya yaitu:

  • Sudikah kiranya teman dan saudara seperjuanganku menyisihkan sedikit waktunya untuk mampir dan mencicipi hidangan desa di gubuk tua ini?
  • Aku ini rasanya belum pantas untuk disebut sebagai contoh tokoh peternak kambing yang sukses di Indonesia. Aku pikir aku lebih cocok untuk disebut sebagai tukang kambing dari desa saja.
  • Gajiku saat ini memang tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan gaji teman-teman di kantorku dulu. Namun meski gajiku saat ini hanya cukup untuk makan, aku merasakan kebahagiaan tiada tara yang belum pernah kurasakan saat dulu aku masih di kantor lama.
  • Saya ini hanyalah orang biasa seperti teman-teman di sini. Saya belum benar-benar memahami terkait organisasi dan sebagainya. Tentu saya sangat jauh sekali jika dibandingkan dengan mereka yang sudah sejak lama berada di sini dan makan asam garam pengelolaan organisasi fenomenal ini.
  • Saya minta maaf sebelumnya apabila saya yang kiranya bukan siapa-siapa ini memakan sedikit waktu berharga saudara hanya untuk menyampaikan sedikit sanggahan terkait ide yang baru saja disampaikan.
  • Saya tahu bahwa hadiah dari saya ini bukanlah apa-apa dibandingkan hadiah mahal bermerk dari teman-teman lainnya. Namun saya berharap engkau mau menerima hadiah pemberian saya ini.
  • Jangan terkecoh oleh gelar yang kudapat saat S2 di Amerika. Meski gelarku sudah bertambah, kenyataannya ilmuku masih sama saja seperti beberapa tahun ke belakang.
  • Apabila saudara ada waktu barang sebentar, silahkan mampir ke gubuk saya yang terletak di seberang restoran ini.
  • Kita ini seperti langit dan bumi. Engkau adalah langit yang terasa semakin cerah sepanjang hari sementara aku hanyalah bumi yang menjadi alas tempat orang bebas menginjakku.
  • Rumah ini sangat sederhana. Perabotan di dalamnya pun sangat terbatas. Semoga engkau betah selama berada di rumah ini meski hanya dengan selembar tikar.
  • Sepercak kain murahan ini telah menemaniku kemanapun aku pergi bahkan setelah ia menjadi kain yang tidak lagi memungkinkan untuk digunakan.
  • Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas penghargaan yang telah diamanahkan ke saya meski saya pribadi tidak yakin apakah saya pantas untuk menerima penghargaan yang sangat menakjubkan ini.
  • Mari mampir ke warung serba ada dan berikan pendapat mengenai setiap pelayanan yang diperoleh dari warung sederhana ala desa ini.
  • Meski tangan ini tidaklah halus dan cenderung kasar, kuharap tangan ini bisa membantu mengurut otot dan sendi kaki yang keseleo.
Baca Juga :  Teks Cerita Sejarah

Demikianlah pembahasan mengenai Majas Litotes Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.