√ Inilah Bapak Pembangunan, Soeharto Presiden Kedua Republik Indonesia [ Wajib Baca ]

Posted on
Soeharto Presiden Kedua Republik Indonesia – Soeharto adalah Presiden kedua Republik Indonesia. Beliau Lahir di Kemusuk, Yogyakarta, tanggal 8 Juni 1921. Bapaknya bernama Kertosudiro seorang petani yang juga sebagal pembantu Lurah dalam pengairan sawah desa, sedangkan ibunya bernama Sukirah.
Inilah Bapak Pembangunan, Soeharto Presiden Kedua Republik Indonesia [ Wajib Baca ]

Inilah Bapak Pembangunan, Soeharto Presiden Kedua Republik Indonesia [ Wajib Baca ]

Beliau resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945. Pada tahun 1947, Soeharto menikah dengan Siti Hartinah, seorang anak pegawai Mangkunegaran pada tanggal 26 Desember 1947 di Solo. Di dalam karir militer dan potitiknya, Soeharto memulainya dari pangkat sersan tentara KNIL, kemudian komandan PETA, komandan resimen dengan pangkat Mayor dan komandan batalyon berpangkat Letnan Kolonel.
Pada 1949 beliau berhasil memimpin pasukannya merebut kembali kota Yogyakarta dari tangan penjajah Belanda. Selain itu, Soeharto juga pernah menjadi Panglima Mandala (pembebasan Irian Barat).
Saat Peristiwa G-30-S/PKI, Soeharto mengambil alih pimpinan Angkatan Darat. Pada Maret 1966, Jenderal Soeharto menerima Surat Perintah 11 Maret dari Presiden Soekarno. Sidang Istimewa MPRS pada Maret 1967, menunjuknya sebagal Pejabat Presiden,kemudian dikukuhkan selaku Presiden RI Kedua pada Maret 1968. Soeharto memerintah lebih dari tiga dasawarsa sampai ia mengundurkan diri pada 21 Mei 1998.
H. Muhammad Soeharto wafat pada pukut 13.10 WIB pada hari Minggu 27 Januari 2008. Beliau meninggal dalam usia 87 tahun. Di masa Orde Baru, beliau dianugerahi sebagai Bapak Pembangunan.
Sumber : penerbit yudhistira ( untuk kelas XII SMA )
               Karangan, M. Habib Mustopo dkk.