Gerak Nasti : Pengertian Dan Macamnya

Posted on

Gerak Nasti : Pengertian Dan Macamnya

Gerak Nasti  –  pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai gerak nasti pada tumbuhan yang mana akan meliputi mengenai pengertian dan juga macamnya, untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Tanpa kita sadari dan diperhatikan tumbuhan dapat bergerak.  pergerakan dari tumbuhan tersebut terbilang lambat dan juga jarang menjadi perhatian bagi banyak orang, serta tanpa kita sadari juga tumbuhan tersebut sudah bergerak.  tumbuhan yang bergerak dapat dipengaruhi oleh rangsangan, meskipun terdapat juga yang tidak memerlukan rangsangan sama sekali.

Gerakannya dapat diamati setiap hari dan ketika kita mengamati dengan teliti maka dapat ditemukan Bagaimana pola pergerakan dari tumbuhan tersebut. Salah satu dari gerak tumbuhan tersebut disebut gerak tumbuhan nasti yang merupakan salah satu gerakan yang terdapat pada tumbuhan.  berikut ini adalah pembahasan selengkapnya.

Pengertian Nasti

Meski adalah gerakan yang terdapat atau terjadi pada tumbuhan yang arah geraknya tidak terpengaruh oleh adanya gerakan apapun titik pergerakan ini dapat disebabkan oleh pergerakan turgor yang berada pada dalam jaringan yang terdapat di tulang daun titik umumnya pergerakan nasib pada tumbuhan dapat dibagi menjadi 5 macam, yang sesuai dengan kelompoknya, Berikut ini adalah penjelasan masing-masingnya.

Macam-Macam Gerakan Nasti

Tigmonasti

Tigmonasti merupakan gerakan nasti yang dapat terjadi karena disebabkan oleh adanya suatu rangsangan yang berupa sentuhan.  Contohnya yaitu ketika tanaman putri malu disentuh daunnya, maka tentukan tersebut akan mengantarkan suatu rangsangan ke dasar daun dan akan memberikan perintah pada daun tersebut untuk menutup.

Baca Juga :  √ Reboisasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Penghijauan

Niktinasti

Niktinasti adalah gerakan nasti yang terjadi pada tumbuhan yang disebabkan oleh adanya pengaruh dari kondisi kegelapan titik Contohnya yaitu ketika malam hari daun yang terdapat pada tanaman berfamili leguminoceae yang bergerak disebabkan oleh adanya suatu perubahan tekanan turgor  yang berada di sel penggerak tumbuhan itu sendiri.

Fotonasti

Fotonasti yaitu adalah gerakan nasti yang terjadi pada tumbuhan yang disebabkan oleh karena adanya pengaruh dari rangsangan cahaya yang ada, misalnya ketika bunga mekar pada pukul 4 pagi ataupun pada pukul 6 pagi.

Termonasti

Termonasti merupakan gerakan yang terjadi yang disebabkan oleh adanya rangsangan suhu yang diterima. Misalnya ketika mekarnya bunga tulip di musim semi.

Nasti Kompleks

Nasti kompleks merupakan suatu gerakan yang terjadi karena adanya gabungan dari seluruh jenis seperti misalnya fotonasti, hidronasti dan kemonasti. Di saat mekanisme gerak dari stomata telah dipengaruhi oleh munculnya cahaya. Contohnya yaitu adalah ketika proses membuka dan menutupnya stomata yang terjadi pada daun.

Demikian pembahasan mengenai Gerak Nasti : Pengertian Dan Macamnya semoga informasi yang diberikan dapat dipahami dengan mudah dan juga tentunya dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk anda semua. Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya.