Contoh Rantai Makanan Di Padang Es/Kutub Utara Dan Selatan

Posted on

Contoh Rantai Makanan Di Padang Es/Kutub Utara Dan Selatan – Rantai makanan ialah salah satu materi yang dipelajari dalam pelajaran biologi. Dalam proses belajar rantai makanan dan makhluk hidup yang memiliki peran sebagai produsen dan konsumen.

Untuk mempermudah proses belajar mengenai rantai makanan, biasanya akan diberikan ilustrasi pendukung yang menjelaskan prosesnya.

Pengertian Rantai Makanan

Rantai makanan ialah proses makan dan dimakan yang terjadi pada makhluk hidup secara linier untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Rantai makanan juga dapat diartikan sebagai tingkatan atau urutan makan dan dimakan antara makhluk hidup.

Rantai makanan ini menjadi bagian ekosistem yang tidak dapat dipisahkan, hal ini disebabkan karena ekosistem selalu terdiri dari kumpulan banyak spesies.

Dalam rantai makanan, dikenal adanya istilah produsen dan konsumen. Produsen ialah makhluk yang mampu membuat makanannya sendiri. Dalam rantai makanan yang menduduki posisi sebagai produsen adalah tumbuhan dan fitoplankton.

Konsumen dalam rantai makanan berarti makhluk hidup yang mendapatkan makanan dari pihak produsen. Konsumen tidak dapat mengolah makanannya sendiri, mereka hanya melakukan kegiatan konsumsi.

Posisi konsumen dalam rantai makanan terbagi menjadi beberapa kelas. Konsumen I diduduki oleh hewan herbivora yang memakan tumbuh-tumbuhan. Konsumen II diisi oleh hewan karnivora yang memakan daging. Posisi konsumen III diduduki oleh omnivora atau pemakan segala.

Tidak hanya konsumen dan produsen ada pula posisi decomposer atau pengurai. Posisi decomposer diisi oleh bakteri dan jamur.

Contoh Rantai Makanan Di Padang Es/Kutub Utara Dan Selatan

Di hamparan padang es seperti kutub utara dan kutub selatan sekalipun pasti terdapat rantai makanan. Dalam gambar diatas, dapat diambil satu contoh rantai makanan, yaitu:

Baca Juga :  Cabang Ilmu Biologi : Pengertian Dan Penjelasannya Lengkap

Rumput → kelinci → burung hantu salju → serigala → pengurai

Pada contoh tersebut maka rerumputan adalah produsen dalam rantai makanan ekosistem padang es. Selanjutnya rumput dimakan oleh kelinci, maka kelinci menjadi komsumen I. Kelinci dimakan oleh burung hantu salju, berarti burung hantu menjadi konsumen II.

Setelah itu burung hantu dimakan serigala, maka serigala menjadi konsumen ke III. Saat serigala mati, ia kemudian jatuh ketanah dan diuraikan oleh bakteri, fungsi bakteri disini adalah sebagai pengurai atau dekomposer.

Sebagai tambahan referensi, berikut contoh lain rantai makanan di ekosistem padang es:

-Tanaman di padang es → kelinci kutub → rubah → serigala → pengurai

-Tanaman di padang es → kelinci kutub → cerpelai/ermine → pengurai

-Tanaman di padang es → kelinci kutub → rubah → manusia

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Rantai Makanan Di Padang Es/Kutub Utara Dan Selatan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

4.9/5 - (158 votes)