Sistem Pernapasan Manusia : Pengertian, Cara Kerja, Organ Kerja Dan Prosesnya

Posted on

Sistem Pernapasan Manusia – Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang Sistem pernapasan manusia , yang mana meliputi pengertian , cara kerja , organ kerja dan juga prosesnya yang akan di bahas secara lengkap dan jelas. Untuk itu langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Sistem pernapasan pada manusia memiliki  tugas yang berat setiap harinya. Manusia bernapas sebanyak 12 hingga 20 kali per menit, yang berlangsung secara terus menerus serta tanpa henti.

Pengertian Sistem Pernapasan Manusia

Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Pada hewan berkaki empat, sistem pernapasan  pada umumnya termasuk saluran yang di gunakan untuk membawa udara ke dalam paru – paru dimana terjadi pertukaran gas. Bahkan pohonpun mempunyai  sistem pernapasan.

Jangan berpikir bahwa organ yang terdapat  dalam sistem pernapasan, hanya bekerja dalam hal pernapasan saja. Organ tersebut juga mempunyai  peran pada kemampuan manusia, untuk bisa  berbicara dan bekerja sebagai indera penciuman.

Cara Kerja Sistem Pernapasan

Dalam sistem pernapasan manusia  terdapat  organ yang berupa saluran udara, pembuluh darah paru, paru – paru dan otot pernapasan. Tugas organ tersebut yaitu  untuk membantu tubuh dalam proses pertukaran gas. Pertukaran  gas ini ada dua di antaranya  adalah  udara dengan darah dan dengan sel yang berda  di dalam tubuh. Intinya organ ini membantu menyalurkan udara ke seluruh bagian dalam tubuh manusia.

Ada juga  organ yang disebut dengan  alveoli dan duktus ( saluran ) alveolus. Bentuk alveoli yaitu seperti bulatan anggur yang menempel satu dengan  dan yang lainnya. Dengan duktus alveolus, alveoli  bertanggung jawab dalam pertukaran gas yang terjadi di dalam tubuh.

Baca Juga :  Faring : Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Bagiannya

Fungsi organ pernapasan selain berguna  untuk pertukaran gas dan udara, adalah untuk  menyaring, melembabkan serta  menghangatkan udara yang masuk ke dalam tubuh. Sistem pernapasan juga  berperan dalam memelihara dan  juga menyeimbangkan kondisi di  dalam tubuh agar  tetap stabil. Istilahnya dalam medis merupakan suatu  kemampuan dalam menyeimbangkan kondisi disebut dengan homeostatis.

Organ – Organ Sistem Pernapasan pada Manusia

Sistem pernapasan pada manusia di bagi menjadi dua macam, yaitu sistem pernapasan atas dan sistem pernapasan bawah. Sistem pernapasan bagian atas terdiri dari , sebagai berikut  :

Sistem Pernapasan  Bagian Atas

Hidung

Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir yang lengket yang  melapisi rongga hidung. Fungsi dari selaput lendir  tersebut  adalah untuk menjebak partikel debu ataupun kotoran yang masuk ke dalam hidung. Pada rongga tersebut juga terdapat bulu halus yang di sebut dengan silia. Yang kegunaannya adalah untuk menghambat serta  membuang partikel debu atau kotoran yang masuk dapat  keluar dari hidung. Caranya yaitu dengan melalui bersin.

Sinus        

Sinus adalah ruangan atau rongga berisi  udara danterdapat  bagian tengkorak, yang terletak di sekitar  wajah, belakang tulang pipi, hidung, dan juga  dahi. Rongga ini juga yang berhubungan dengan hidung.

Laring

Laring mempunyai peran ganda, yaitu dalam hal pernapasan  dam sekaligus membantu untuk berbicara.

Faring

Organ ini di lewati oleh makanan dan  minuman pada saat  proses menuju saluran pencernaan yang berikutnya. Faring juga berperan  dalam  kemampuan  berbicara.

Sistem Pernapasan Bagian Bawah

Trakea

Trakea merupakan  jalan napas yang utama yang menuju ke paru – paru,  yang letaknya yaitu  berada di bawah laring.

Bronkus

Bronkus adalah organ yang bercabang dari trakea menuju ke paru – paru. Fungsinya adalah untuk mengambil udara yang kemudian akan  diteruskan ke paru-paru.

Baca Juga :  Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia

Paru – Paru

Paru – paru adalah organ yang paling besar dan memiliki  peranan yang penting didalam sistem pernapasan. Yang tugasnya adalah untuk menampung udara  dan juga  menyediakan oksigen untuk semua aktivitas atua kegiatan  di dalam tubuh, yang di alirkan melalui pembuluh darah dan juga mengembuskan karbondioksida ke bagian luar tubuh.

Diafragma

Diagfragma adalah  otot pernapasan yang utama. Organ ini dapat  berkontraksi dan rileks dengan cara bergantian. Sehingga membuat udara  mampu  masuk ke dalam paru – paru.

Proses Pernapasan pada Manusia

Ketika  anda bernapas organ pernapasan juga akan  bergerak  secara bersama – sama dengan diafragma kontraksi. Sehingga paru – paru memiliki  ruangan yang lebih besar untuk mengisi udara. Untuk kebutuhan udara dalam mengisi paru – paru, otot tulang rusuk juga akan mengangkat ke atas.

Kemudian udara pun masuk dengan melalui hidung dan paru – paru, selanjutnya  melewati trakea atau tenggorokan. Disaat ini  silia bergetar agar lendir dan kotoran  dapat  keluar dari paru – paru.  Selanjutnya dengan melalui bronkus dan bronkiolus, udara  akan melewati cabang di  dalam paru – paru.  Dan pada saat  anda membuang napas sebagian besar organ  tersebut akan  bekerja dengan kebalikannya.

Sistem pernapasan yang ada pada manusia terlihat sederhana, namun  d dalamnya terdapat  organ yang penting.  Dalam sekali tarikan napas, organ  tersebut  harus menjalankan serangkaian proses yang rumit dan  juga saling bekerja sama untuk mendapatkan  oksigen guna kelangsungan seluruh sistem yang berada  dalam tubuh. Sehingga jika  anda mengalami kondisi yang menyebabkan gangguan dalam sistem pernapasan, maka segera konsultasikan ke dokter apabila  hal tersebut  terjadi.

Demikianlah yang dapat dijelaskan mengenai Sistem Pernapasan Manusia semoga dapat bermanfaat dan juga berguna dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kalian semua , terimakasih.