√Pengertian Paramagnetik Diamagnetik Dan Feromagnetik Lengkap

Posted on

√ Pengertian Paramagnetik  Diamagnetik Dan Feromagnetik Lengkap

Paramagnetik, Diamagnetik dan Feromagnetik  – Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan kata paramagnetik, diamagnetik dan juga feromagnetik. Dan masih juga belum memahami mengenai arti dari masing-masing kata tersebut. berikut ini admin akan membahas secara lengkap dan juga jelas , mengenai penjelasan masing-masing arti dari paramagnetik, diamagnetik dan  feromagnetik.

Pengertian Diamagnetik

Diamagnetik adalah bahan yang sedikit menolak garis gaya magnetik, misalnya seperto natrium, perak, bismut, raksa dan juga intan. Pada saat tidak ada pengaruhnya dari medan magnet luar. Momen magnetik yang diakibatkan oleh adanya gerak orbital dan spin elektron yang saling meniadakan. Pada saat  ada pengaruh dari medan magnet luar, sehingga akan timbul medan magnet di dalam akan tetapi masih lebih kecil.

 

Pengertian Paramagnetik

Paramagnetik merupakan  bahan yang sedikit menarik garis gaya magnetik contohnya seperti  aluminium, magnesium, titanium, platina dan juga fungston. Apabila tidak terjadi pengaruh medan magnetik luar, maka bahan ini tidak memperlihatkan efek dari magnetik karena momen magnetik total yang disebabkan oleh adanya gerak orbital dan juga elektron yang relatif kecil. Akan tetapijika diberikan pengaruh dari medan magnet luar, sehingga timbullah momen yang cenderung mensejajarkan medan magnet di dalam dengan medan magnet yang di luar.

Pengertian Feromagnetik

Feromagnetik adalah bahan yang sangat kuat yang mampu menarik gaya magnetik seperti besi, nikel, gadolinium dan juga kobalt. Apabila  kemudian digunakan magnetik tersebut  meskipun medan luar dihilangkan, maka sifat kemagnetan bahannya masih ada. Sifat kemagnetan dari bahan feromagnetik tidak bisa hilang meskioun bila dipukul atau dipanaskan.

Baca Juga  Energi : Pengertian, Macam, Sifat, Perubahan, Fungsi Dan Contoh

Itulah pembahasan mengenai √Pengertian Paramagnetik Diamagnetik Dan Feromagnetik Lengkap yang telah dijelaskan dengan lengkap. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang tepat bagi anda yang sedang mempelajari  mengenai ketiga bahan tersebut. semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya, jangan lupa juga simak artikel kami yang lainnya ya.