Pasar Persaingan Sempurna – Pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai Pengertian Pasar Persaingan Sempurna yang meliputi ciri dan juga kelebihannya . Agar lebih mudah di pahami langsung saja simak penjelasan di bawah ini .
Contents
- 1 Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
- 1.1 Ciri – ciri Pasar Persaingan Sempurna
- 1.1.1 Barang yang di perjualbelikan mempunyai sifat homogen
- 1.1.2 Terdapat banyak penjual serta pembeli
- 1.1.3 Pembeli serta penjual berlaku sebagai penerima harga ( price taker )
- 1.1.4 Pembeli serta penjual bebas masuk dan juga keluar pasar
- 1.1.5 Informasi sempurna
- 1.1.6 Faktor produksi dapat bergerak secara bebas
- 1.2 Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
- 1.1 Ciri – ciri Pasar Persaingan Sempurna
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar – benar merupakan hasil dari kesepakatan serta interaksi antara penawaran dan permintaan.
Meskipun pada dasarnya tidak ada satupun pasar yang ada didunia mutlak sempurna. Namun salah satu dari contoh pasar yang mendekati yaitu pasar beras. Hal ini disebabkan karena bentuk, warna dan juga tampilan lainnya tersebut yang relatif sama, dan juga penjual maupun pembelinya itu sangat banyak.
Ciri – ciri Pasar Persaingan Sempurna
Terdapat beberapa ciri – ciri yang membedakan dari pasar persaingan sempurna dengan pasar tidak sempurna. Berikut ini adalah beberapa ciri – cirinya, yaitu sebagai berikut :
Barang yang di perjualbelikan mempunyai sifat homogen
Karena bersifat homogen, hal ini menyebabkan masing – masing dari barang tersebut saling menggantikan antara ( substitusi ) antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian pembeli bebas untuk membeli kepada penjual manapun. Sementara itu untuk penjual tidak bisa menentukan harga yang berbeda dengan penjual yang lain dikarenakan barang yang dijual tersebut tidak bersifat unik.
Terdapat banyak penjual serta pembeli
Tidak terdapat batasan tentang jumlah penjual yang bisa berada di pasar, dan juga jumlah pembeli yang membeli di pasar tersebut.
Pembeli serta penjual berlaku sebagai penerima harga ( price taker )
Banyaknya jumlah penjual dan pembeli ini menyebabkan penjual dan pembeli mempunyai sifat sebagai penerima harga ( price taker ). Hal ini disebabkan karena tidak dapat menentukan harga yang tercipta di pasar ( price maker ).
Pembeli serta penjual bebas masuk dan juga keluar pasar
Tidak adanya sanksi ataupun larangan bagi tiap – tiap pembeli untuk membeli di pasar persaingan sempurna. Penjual juga bisa masuk dan menutup usahanya dengan sesuka hati. Contohnya jika penjual merasa mengalami kerugian dalam berjualan di pasar tersebut. Maka penjual tersebut dapat dengan mudah untuk menghentikan usahanya.
Informasi sempurna
Baik pembeli maupun penjual mempunyai informasi yang sempurna mengenai harga, kualitas dan juga jumlah barang yang ada di pasar. Adanya informasi yang sempurna tersebut menyebabkan penjual tidak akan mengenakan harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan penjual yang lainnya pada barang yang sama.
Jika penjual melakukan hal tersebut maka pembeli akan meninggalkan penjual tersebut. Dan membeli barang yang sama pada penjual yang lainnya yang menjualnya sesuai dengan harga pasar yang berlaku
Faktor produksi dapat bergerak secara bebas
Karena tidak adanya hambatan dalam memasuki pasar. Maka penjual tersebut juga memiliki kebebasan untuk memindahkan faktor produksinya kemanapun.
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari pasar persaingan sempurna, adalah sebagai berikut :
Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
- Tidak dapat persaingan harga antar penjual disebabkan karena harga yang tercipta di pasar akan diikuti oleh seluruh penjual.
- Informasi yang sempurna dimiliki oleh penjual maupun pembeli.
- Penjual juga bisa memindahkan faktor produksinya kamanapun di sebabkan karena tidak adanya hambatan dalam memasuki pasar.
- Efisiensi maksimum dalam produksi.
Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
- Produk yang mempunyai sifat homogen tersebut membuat pembeli tidak memiliki Dapat kita katakan bahwa jenis pasar tersebut membatasi pilihan konsumen sehingga tidak bisa mencapai sebuah kepuasan yang maksimal.
- Tidak mendorong inovasi di sebabkan karena teknologi atau inovasi yang dilakukan bisa di contoh oleh perusahaan lain.
Demikianlah pembahasan yang telah di jelaskan di atas mengenai Pasar Persaingan Sempurna semoga mudah di pahami dan dapat bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih .