Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Posted on

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran – Pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi penawaran .

Seperti yang kita ketahui proses tawar menawar adalah salah satu unsur yang terdapat dalam jual beli , untuk itu kita perlu mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi penawaran.

Penawaran merupakan keseluruhan jumlah barang yang bersedia untuk ditawarkan pada berbagai tingkatan harga tertentu dan  dalam waktu tertentu.  Jika  harga suatu barang mengalami kenaikan maka jumlah barang yang di tawarkan akan bertambah.

Begitu juga  sebaliknya  jika  harga yang ditawarkan menjadi turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga mengalami penurunan atau jumlahnya semakin sedikit.

Begitu pun dengan pembeli, mereka tidak akan hanya memperhitungkan mengenai  faktor saja dalam menyusun daftar penawaran mereka.

Karena tentu saja, pembeli tidak hanya memperhitungkan faktor harga saja,  namun  terdapat  beberapa hal yang juga menjadi pertimbangan bagi seorang pembeli.

Karena pada kenyataannya terdapat  banyak sekali faktor yang  dapat mempengaruhi penawaran penjual,  akan tetapi  pada saat  merumuskan sebuah penawaran, cukup dengan menghubungkan harga serta  jumlah barang atau jasa yang akan mereka tawarkan. Faktor lainnya seperti harga dianggap tidak berubah ( ceteris paribus ).

Sebuah produksi mempunyai  hubungan yang sangat erat dengan penawaran. Karena hal – hal yang mendorong serta  mampu menghambat kegiatan produksi  yang bisa  berpengaruh terhadap jumlah sebuah penawaran.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Berikut ini  adalah faktor – faktor yang dapat mempengaruhi sebuah penawaran :

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Harga Dari Barang Itu Sendiri

Apabila  harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan mengalami peningkatan atau juga kenaikan. Dan sebaliknya  jika  jumlah barang yang ditawarkan mengalami penurunan maka harga yang akan di tawarkan oleh penjual pun juga akan mengalami penurunan harga.

Seperti contoh, apabila  harga sebuah sabun mandi  meningkat dari Rp. 3.500,00 menjadi Rp. 4.000,00 maka jumlah barang yang akan di tawarkan oleh penjualpun akan mengalami peningkatan.

Harga Barang Pengganti

Meningkatnya harga penawaran bukan disebabkan karena  meningkatnya jumlah barang saja, akan tetapi  juga di karenakan oleh faktor harga barang pengganti.  Apabila harga barang pengganti mengalami peningkatan maka penjualpun juga akan meningkatkan jumlah barang yang di tawarkan.

Dengan begini penjual berharap  agar konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang barang lain yang ditawarkan, karena harganya yang  lebih rendah atau murah. Contohnya seperti, harga susu bubuk  yang  meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu susu kental yang menjadi lebih rendah, sehingga penjual akan lebih banyak menjual susu kental  daripada  susu bubuk .

Biaya Produksi

Biaya produksi berkaitan erat dengan harga penawaran barang, karena besar kecilnya biaya produksi  bisa mempengaruhi harga dari suatu barang. Karena biaya yang dipakai  dalam proses produksi seperti biaya yang dipakai  untuk membeli bahan baku, biaya untuk menggaji pegawai atau karyawan sehingga biaya untuk membeli bahan – bahan penolong dan  yang lain sebagainya, juga  dapat mempengaruhi harga dari sebuah barang yang akan dijual.

Apabila  biaya – biaya produksi meningkat, maka harga barang yang di produksi akan melambung tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang lebih sedikit.

Baca Juga :  Perdagangan Internasional : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Kebijakan Dan Contohnya

Hal ini dikarenakan produsen tidak ingin mengalami kerugian,  namun  sebaliknya apabila  biaya produksi turun maka produsen akan meningkatkan jumlah produksinya. Dengan begitu maka penawaran terhadap barang yang di hasilkanpun akan meningkat.

Kemajuan Teknologi

Tidak banyak yang mengetahui  jika  kemajuan teknologi juga sangat berpengaruh terhadap besar atau kecilnya harga barang yang di tawarkan. Kemunculan teknologi yang lebih modern akan memudahkan bagi  produsen dalam menghasilkan barang ataupun jasa.

Dengan penggunaan mesin – mesin yang  modern mampu menurunkan biaya produksi dan juga  dapat memudahkan produsen dalam menjual barang dengan jumlah yang lebih banyak.

Contohnya seperti, untuk menghasilkan 1 kg beras biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan beras adalah  sebesar Rp. 6.000,00. Harga jualnya menjadi sebesar Rp. 8.500,00 / kg. akan tetapi  dengan bantuan mesin yang lebih modern, perusahaan  dapat  menekan biaya produksi hingga hanya menjadi Rp. 3.000,00/kg. Dengan harga jual sama saja, perusahaan mampu memproduksi lebih banyak beras  dalam waktu singkat dan kemudian  menjualnya. Sehingga laba yang didapat  bisa lebih banyak.

Di dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan dua efek, yaitu produksi  bisa  ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah. Dengan begitu maka keuntungan menjadi bertambah tinggi.

Pajak

Sama halnya dengan biaya produksi, pajak juga menjadi salah satu faktor yang bisa  mempengaruhi harga penawaran terhadap suatu produk. Karena pemerintah sendiri sudah  menetapkan nilai pajak yang untuk suatu produk sehingga jika  pajak dari suatu barang tersebut menjadi tinggi maka dapat  mengakibatkan berkurangnya permintaan serta  penawaran pun juga akan berkurang.

Perkiraan Harga di Masa Depan

Perkiraan harga di masa depan juga sangat mempengaruhi besar atau kecilnya jumlah  suatu penawaran. Apabila  perusahaan memperkirakan harga barang atau jasa menjadi naik, sementara itu  penghasilan masyarakat tidak mengalami perubahan, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang nantinya akan ditawarkan.

Baca Juga :  Manajeman Kualitas : Pengertian, Kriteria Dan Pendekatannya

Contohnya, seperti  ketika krisis ekonomi melanda, harga – harga barang dan jasa akan meningkat naik sementara  itu penghasilan masyarakat relatif tetap. Sehingga  dapat mengakibatkan perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa tersebut  karena takut tidak laku serta  membuat perusahaan menjadi gulung tikar.

Demikianlah penjelasan tentang Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya ya.