Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran – Pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi penawaran .
Seperti yang kita ketahui proses tawar menawar adalah salah satu unsur yang terdapat dalam jual beli , untuk itu kita perlu mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi penawaran.
Penawaran merupakan keseluruhan jumlah barang yang bersedia untuk ditawarkan pada berbagai tingkatan harga tertentu dan dalam waktu tertentu. Jika harga suatu barang mengalami kenaikan maka jumlah barang yang di tawarkan akan bertambah.
Begitu juga sebaliknya jika harga yang ditawarkan menjadi turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga mengalami penurunan atau jumlahnya semakin sedikit.
Begitu pun dengan pembeli, mereka tidak akan hanya memperhitungkan mengenai faktor saja dalam menyusun daftar penawaran mereka.
Karena tentu saja, pembeli tidak hanya memperhitungkan faktor harga saja, namun terdapat beberapa hal yang juga menjadi pertimbangan bagi seorang pembeli.
Karena pada kenyataannya terdapat banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi penawaran penjual, akan tetapi pada saat merumuskan sebuah penawaran, cukup dengan menghubungkan harga serta jumlah barang atau jasa yang akan mereka tawarkan. Faktor lainnya seperti harga dianggap tidak berubah ( ceteris paribus ).
Sebuah produksi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan penawaran. Karena hal – hal yang mendorong serta mampu menghambat kegiatan produksi yang bisa berpengaruh terhadap jumlah sebuah penawaran.
Contents
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
Berikut ini adalah faktor – faktor yang dapat mempengaruhi sebuah penawaran :
Harga Dari Barang Itu Sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan mengalami peningkatan atau juga kenaikan. Dan sebaliknya jika jumlah barang yang ditawarkan mengalami penurunan maka harga yang akan di tawarkan oleh penjual pun juga akan mengalami penurunan harga.
Seperti contoh, apabila harga sebuah sabun mandi meningkat dari Rp. 3.500,00 menjadi Rp. 4.000,00 maka jumlah barang yang akan di tawarkan oleh penjualpun akan mengalami peningkatan.
Harga Barang Pengganti
Meningkatnya harga penawaran bukan disebabkan karena meningkatnya jumlah barang saja, akan tetapi juga di karenakan oleh faktor harga barang pengganti. Apabila harga barang pengganti mengalami peningkatan maka penjualpun juga akan meningkatkan jumlah barang yang di tawarkan.
Dengan begini penjual berharap agar konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang barang lain yang ditawarkan, karena harganya yang lebih rendah atau murah. Contohnya seperti, harga susu bubuk yang meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu susu kental yang menjadi lebih rendah, sehingga penjual akan lebih banyak menjual susu kental daripada susu bubuk .
Biaya Produksi
Biaya produksi berkaitan erat dengan harga penawaran barang, karena besar kecilnya biaya produksi bisa mempengaruhi harga dari suatu barang. Karena biaya yang dipakai dalam proses produksi seperti biaya yang dipakai untuk membeli bahan baku, biaya untuk menggaji pegawai atau karyawan sehingga biaya untuk membeli bahan – bahan penolong dan yang lain sebagainya, juga dapat mempengaruhi harga dari sebuah barang yang akan dijual.
Apabila biaya – biaya produksi meningkat, maka harga barang yang di produksi akan melambung tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang lebih sedikit.
Hal ini dikarenakan produsen tidak ingin mengalami kerugian, namun sebaliknya apabila biaya produksi turun maka produsen akan meningkatkan jumlah produksinya. Dengan begitu maka penawaran terhadap barang yang di hasilkanpun akan meningkat.
Kemajuan Teknologi
Tidak banyak yang mengetahui jika kemajuan teknologi juga sangat berpengaruh terhadap besar atau kecilnya harga barang yang di tawarkan. Kemunculan teknologi yang lebih modern akan memudahkan bagi produsen dalam menghasilkan barang ataupun jasa.
Dengan penggunaan mesin – mesin yang modern mampu menurunkan biaya produksi dan juga dapat memudahkan produsen dalam menjual barang dengan jumlah yang lebih banyak.
Contohnya seperti, untuk menghasilkan 1 kg beras biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan beras adalah sebesar Rp. 6.000,00. Harga jualnya menjadi sebesar Rp. 8.500,00 / kg. akan tetapi dengan bantuan mesin yang lebih modern, perusahaan dapat menekan biaya produksi hingga hanya menjadi Rp. 3.000,00/kg. Dengan harga jual sama saja, perusahaan mampu memproduksi lebih banyak beras dalam waktu singkat dan kemudian menjualnya. Sehingga laba yang didapat bisa lebih banyak.
Di dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan dua efek, yaitu produksi bisa ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah. Dengan begitu maka keuntungan menjadi bertambah tinggi.
Pajak
Sama halnya dengan biaya produksi, pajak juga menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi harga penawaran terhadap suatu produk. Karena pemerintah sendiri sudah menetapkan nilai pajak yang untuk suatu produk sehingga jika pajak dari suatu barang tersebut menjadi tinggi maka dapat mengakibatkan berkurangnya permintaan serta penawaran pun juga akan berkurang.
Perkiraan Harga di Masa Depan
Perkiraan harga di masa depan juga sangat mempengaruhi besar atau kecilnya jumlah suatu penawaran. Apabila perusahaan memperkirakan harga barang atau jasa menjadi naik, sementara itu penghasilan masyarakat tidak mengalami perubahan, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang nantinya akan ditawarkan.
Contohnya, seperti ketika krisis ekonomi melanda, harga – harga barang dan jasa akan meningkat naik sementara itu penghasilan masyarakat relatif tetap. Sehingga dapat mengakibatkan perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa tersebut karena takut tidak laku serta membuat perusahaan menjadi gulung tikar.
Demikianlah penjelasan tentang Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya ya.